Takut Anak Cucu Sembahyang di Gereja, Muslim Malaysia Larang Umat Kristen Gunakan Kata "Allah"

Takut Anak Cucu Sembahyang di Gereja, Muslim Malaysia Larang Umat Kristen Gunakan Kata "Allah"

Sentimen anti-Allah bagi umat Kristen kembali mencuat di Malaysia. Umat muslim Malaysia takut jika penggunaan kata "Allah" bagi umat Kristen akan membuat anak cucu muslim sembahyang di gereja kelak.

Hal itu ditandai dengan ditemukannya spanduk provokatif dengan tulisan "Maukah kita melihat anak cucu kita pergi sembahyang ke rumah Allah ini?" Gambar itu juga memperlihatkan dua gereja dengan tanda salib dan bertuliskan "Gereja Allah". Kemudian dilanjutkan dengan kalimat "Kalau kita benarkan kata Allah digunakan di gereja."

Federasi Kristen Malaysia (CFM) menyatakan resah akibat kemunculan spanduk anti-Kristen itu. Ketua CFM dan Komite Eksekutif Eu Hong Seng mengatakan pesan dalam spanduk itu secara terang-terangan mengadu domba kelompok muslim dengan Kristen setelah Mahkamah Agung Malaysia membolehkan penggunaan kata Allah bagi kaum non muslim.

"CFM dan pemimpin Kristen lainnya sejak dulu adalah bumiputra dan menggunakan bahasa Malaysia, termasuk di Alkitab saat menyebut kata Allah. Selama berabad-abad itu tidak jadi masalah hingga muncul kasus sekarang ini," kata dia.

Kasus yang kontroversial ini sempat memicu debat dan juga serangan terhadap gereja dan umat Kristen. Umat Kristen berpendapat mereka dapat menggunakan kata "Allah" dalam bahasa Melayu yang diambil dari bahasa Arab untuk menyebut Tuhan. Pelarangan justru melanggar hak mereka.

Namun, otoritas Malaysia mengatakan jika kata Allah digunakan oleh umat Kristen, umat muslim akan bingung dan menyebabkan sejumlah umat muslim pindah menjadi pemeluk Kristen.

Umat muslim di Malaysia merupakan mayoritas, mencapai dua pertiga dari seluruh populasi negara tersebut. Meski demikian, komunitas Hindu dan Kristen cukup besar.

Baca juga: 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Takut Anak Cucu Sembahyang di Gereja, Muslim Malaysia Larang Umat Kristen Gunakan Kata "Allah""